Tuesday 16 February 2016

Makalah Mat.PAI Dasar dan Menengah: Konsep Pendidikan Aqidah Akhlak



I.        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pembelajaran akhlak ialah pembelajaran tentang bentuk batin seseorang yang kelihatan pada tindak tanduknya atau tingkah lakunya, didalam pelaksanaan pembelajaran berarti bagaimana proses kegiatan belajar mengajar dalam mencapai tujuan supaya yang diajar berakhlak baik, artinya orang yang diajarkan punya bentuk batin yang baik menurut ajaran Islam dan nampak dalam perilakunya sehari-hari, atau dalam bentuk sederhana adalah bagaimana cara orang berakhlak terpuji menurut ajaran Islam.
Jadi hakikat pembelajaran aqidah akhlak adalah apa sebenarnya intisari atau dasar dari keyakinan dan perilaku (yang berdasarkan bentuk batin) yang baik menurut ajaran Islam dan bagaimana cara atau proses manusia untuk mempelajarinya, agar manusia memahami ajaran itu dengan baik. Jika disederhanakan lagi maka program ini dimasudkan adalah bagaimana agar mahasiswa mengetahui dan memahami apa sebenarnya dasar atau intisari dari ajaran tentang keyakinan dan perilaku yang baik dalam ajaran Islam, serta bagaimana proses atau cara untuk mengajarkannya kepada siswa.

Makalah Pemikiran Pendidikan Islam: Modernisme Pendidikan Islam



I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Di kalangan masyarakat manusia yang berbudaya modern, sistem dan metode pendidikan yang dipergunakan setaraf dengan kebutuhan atau tuntutan aspirasinya. Sistem dan metode tersebut diorientasikan kepada efektivitas dan efisiensi. Sedangkan pada masyarakat primitif mempergunakan sistem dan metode yang sederhana sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka, seperti dalam pendidikan para pendidik cenderung menggunakan metode-metode klasik yang sudah diterapkan secara turun temurun dari zaman dahulu karena hal itulah yang mereka dapat dari para gurunya terdahulu. Sistem mereka menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan hidupnya sehari-hari, tanpa antisipasiorientasi ke masa depan dan tanpa memikirkan afektivitas dan efisiensi.
Pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan untuk melatih anak didiknya dengan sedemikian rupa sehingga dalam sikap hidup, tindakan, dan pendekatannya terhadap segala jenis pengetahuan banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai spiritual dan sangat sadar akan nilai etik Islam.
Islam sebagai agama wahyu, menuntut umat manusia yang berakal sehat untuk beruasaha keras mendapatkan kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat sesuai dengan petunjuk wahyu Allah SWT.
Agama Islam yang ajarannya berorientasi kepada kesejahteraan duniawi-ukhrawi sebagai kesinambungan tujuan hidup manusia, meletakkan iman dan takwa kepada Allah SWT sebagai landasan kehidupan manusia.
Salah satu sarana yang efektif untuk membina dan mengembangkan manusia dalam masyarakat adalah pendidikan yang teratur, berdaya guna, dan berhasil guna. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu diorganisasikan atau dikelola secara rapi, efektif, dan efisien melalui sistem dan metode yang tepat.
Kemudian dalam makalah ini kami akan memaparkan beberapa konponen-komponen yang berkaitan tentang modernisme pendidikan Islam, baik berupa pengertian, karakteristik, kekuatan dan kelemahannya serta desain konseptual system modernism pendidikan Islam.

Makalah Fiqih: Munakahat



I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Manusia adalah makhluk yang paling utama yang diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi ini untuk memakmurkan, memelihara, mengelolah, memanfaatkan dan menyelenggarakan kehidupan di muka bumi ini dalam rangka pengapdian kepada Allah SWT itu tidak putus, maka manusia dibekali keinginan terhadap lawan jenis dan saling membutuhkan untuk menumpahkan rasa kasih sayang sekaligus sebagai realisasi penyaluran kebutuhan biologisnya.
Perkawinan merupakan jalan untuk membentuk suatu keluarga yang bahagia dan sejahtera yang diridhoi dan diberkahi oleh Allah SWT. Perkawinan juga merupakan sunnah Rasulullah SAW, dimana sebagai umatnya kita harus mengikuti.
Agama Islam juga telah mengatur tentang tata cara pernikahan, di antaranya adalah masalah sighot akad nikah, wali nikah, dan mahar (maskawin). Hal ini mempunyai maksud agar nantinya tujuan dari pernikahan yaitu terwujudnya keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah dapat tercapai tanpa suatu halangan apapun.
Kemudian, dalam makalah ini, kami akan mencoba memaparkan beberapa penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan fiqh munakahat.

Makalah Perbandingan Pendidikan: Kanada

  PENDAHULUAN
Seiring dengan derasnya arus tukar informasi mengenai sistem pendidikan yang beragam di berbagai kawasan, bahkan saat ini sampai yang bersifat mondial, berkembang pula sebuah disiplin baru yang dipandang mulai berperan nyata sejak 1960, yang disebut dengan comparative education.[1]Tujuan dari comparative education utamanya adalah untuk mengetahui berbagai macam perbedaan yang berimbas pada berbedanya sistem pendidikan di dunia, dengan tujuan untuk mengetahui berbagai prinsip yang mendasari pengaturan perkembangan sistem pendidikan nasional.[2] Pada gilirannya upaya-upaya memahami beragam sistem pendidikan di berbagai belahan dunia telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan dan perbaikan pendidikan di banyak negara.
Salah satu yang dipelajari dari Negara kanada adalah karena Kanada merupakan tempat yang ideal untuk belajar dimana orang Kanada sangat memandang tinggi proses pembelajaran dan kualifikasi dari Kanada telah dikenal di lingkungan bisnis, pemerintahan maupun praktisi akademis.
Dalam Indeks Pembangunan Manusia PBB, Kanada lebih sering menempati ranking tertinggi dibanding negara lain. Terletak di pantai laut Pasifik Kanada, Vancouver merupakan kota terbesar ketiga di negara ini. Pada tahun 2008, majalah Economist sekali lagi memilih Vancouver sebagai kota ternyaman di dunia berkat iklimnya yang sejuk dan lingkungan alamnya yang menawan, lingkungan yang  aman dan infrastruktur transportasi dan komunikasi yang sangat canggih, serta standar hidup dua juta penduduknya yang berasal dari beraneka latar belakang budaya.
Dalam makalah ini, kami memuat hal-hal apa saja yang membuat sistem pendidikan di Kanada  menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dan kami berharap kita dapat mengidentifikasi bersama sistem-sistem apa saja yang dapat dipadukan dengan system pendidikan yang ada di Indonesia.

Makalah Sosiologi Pendidikan: Realisasi antara pendidikan dan masyarakat

I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan menjadi sarana bagi pembetukan intelektualitas, bakat, budi pekerti, dan akhlak, serta kecakapan peserta didik dalam proses pendidikan. Atas pertimbangan inilah selayaknya semua pihak perlu memberikan perhatian secara maksimal terhadap bidang pendidikan.
Dunia pendidikan dimasa depan memang dituntut untuk lebih dekat lagi dengan realitas dan permasalahan hidup yang tengah menghimpit masyarakat. Ungkapan School is mirror society (sekolah lembaga pendidikan adalah cermin masyarakat) setidaknya benar-benar mewarnai proses pendidikan yang sedang berlangsung. Sebagai kon­sekuensinya, lembaga masyarakat harus ikut berperan aktif dalam memecahkan problem social,
Warga masyarakat akhir-akhir ini juga diharapkan problem dapat mengatasi problem dan perlu adanya perhatian khusus dalam pendidikan dan masyarakat, karena 95% masyarakat menunjang perkembangan peserta didik baik positif atau negatifnya.

Para Sosiolog memandang betapa pentingnya pengetahuan tentang proses sosial, mengingat bahwa pengetahuan perihal struktur masyarakat saja belum cukup untuk memperoleh gambaran yang nyata mengenai kehidupan bersama manusia. Bahkan Tamutso Shibutani menyatakan bahwa Sosiologi mempelajari transaksi-transaksi sosial yang mencakup usaha-usaha bekerja sama antara para pihak, karena setiap kegiatan manusia di dasarkan pada gotong royong.[1]

Makalah Filsafat Pendidikan: Ibn Khaldun

I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses membimbing, membina, mengajarkan manusia agar manusia dapat mengetahui berbagai hal, dan dapat me­ngetahui apa yang seharusnya dilakukan olehnya sebagai mahluk yang disebut manusia, oleh karena itu pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia, dengan adanya pendidikan manusia akan mampu melakukan apapun yang dia inginkan, dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi dalam dirinya serta mengembangkan akal pikirannya sehingga dalam melakukan segala sesuatu manusia tidak me-ngalami kesalahan yang fatal. Pendidikan terhadap manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya faktor keluarga, dan lingkungan tempat manusia hidup dan bergaul. Pendidikan yang baik akan menjadikan manusia tersebut baik pula dan sebaliknya pendidikan yang buruk akan mengakibatkan buruk pula bagi manusia yang mengalaminya.
Mengenai pendidikan banyak sekali pemikiran-pemikiran para cendikiawan mengenai pendidikan terhadap manusia baik cendikiawan islam ataupun cendikiawan non-islam. Pemikiran para ahli mengenai pendidikan sangat beragam, namun banyak pula kesamaan pemikiran.
Di dalam makalah ini kami akan menjabarkan tentang salah seorang cendikiawan muslim bernama Ibn Khaldun. Termasuk di dalam makalah ini adalah tentang pemikiran beliau tentang konsep pendidikan, karya-karya, serta riwayat hidup Ibn Khaldun yang mengesankan.