Tuesday, 9 July 2013

Perubahan di Bulan Ramadhan



Kalau ditanya apa yang pasti hadir dalam hidup setiap orang, jawabannya mungkin cuma satu: perubahan.

Yang namanya perubahan itu pasti datang, dan gak ngaruh siapapun orangnya. Entah itu presiden, kuli, kang ojeg, direktur, kondektur, pastur, atlet catur, eyang subur, avtur, dan lain-lain, perubahan pasti datang dan terjadi kepada mereka semua.

Nah, dari 12 bulan yang ada dalam setahun, ada satu bulan yang menghadirkan perubahan paling banyak, dan bisa dikategorikan eksklusif karena hanya di bulan itu saja fenomena-fenomena hidup ini terjadi. Bulan apakah itu? Jawabannya adalah: bulan puasa.

Mungkin kamu menyadari, mungkin juga nggak, tapi yang pasti kami dari Nyunyu Team menyadari, karena itu sudah tugas kami sebagai penjaga kedaulatan negeri digimon untuk mengamati. Nih dia perubahan-perubahan yang terjadinya cuma di bulan puasa:

1.Dari Demo ke Perang Sarung

Gak tau karena males atau lemes, atau emang karena gak ada yang bisa didemoin, tiap bulan puasa hampir pasti gak ada yang namanya demo. Ya mungkin kalaupun ada tapi gak sebanyak di hari-hari biasa ketika bukan bulan puasa. Tapi, biarpun yang namanya demo itu menghilang ketika puasa, ada penggantinya, yaitu: perang sarung. Konon perang sarung ini sedang direncanakan oleh pemerintah kita untuk diangkat menjadi salah satu budaya warisan asli Indonesia dan akan dipertandingkan di PON dan Sea Games. Percaya gak percaya? Jangan percayalah.

2.Rumah Makan Pakai Tirai

 Kalo kamu orangnya pemalu dan canggung berada di keramaian, bulan puasa adalah bulan yang pas buat kamu. Karena di bulan puasa, hampir semua rumah makan itu dipakein tirai. Jadi kamu gak perlu merasa malu dan canggung untuk makan, karena kamu akan dilindungi oleh kekuatan magis yang penuh kasih sayang dan bersahaja, tirai.

3.Banyak yang Dagang Kolak dan Es

Ini juga kayaknya cuma terjadi di bulan puasa doang, karena bisa dipastikan kalo bulan puasa itu tingkat kehadiran para penjual es dan kolak akan meningkat seiring dengan permintaan pasar yang melonjak. Mulai dari kolak pisang, kolak ubi, kolak tape, sampe koka-kolak, dan kolak angin juga ada yang jual kalo lagi bulan puasa mah. Begitu juga dengan es, mulai dari es campur, es buah, es cendol, dan es-es lainnya. Walaupun yang pasti sih gak ada yang ngejual es beye, barang rare soalnya tuh gan, vintage.

4.Cewek Pakeannya Lebih Sopan

Ada beberapa hal yang bisa bikin mata para lelaki menjadi lebih kalem, salah satunya adalah perempuan. Apalagi kalo perempuannya cakep, indah dilihat, dan memakai pakaian yang sungguh sedap dipandang mata. Nah, kalo bulan puasa, bisa dipastikan pemandangan bagi mata para lelaki akan berkurang, sebab di mall-mall, di taman-taman bermain, dan di tempat-tempat para lelaki cuci mata lainnya para perempuan akan memakai pakaian yang lebih tertutup. Sungguh kami para lelaki pun merasa kecewa, tak ada lagi paha dan belahan dada.

5.Musholla dan Masjid Lebih Rame

Kamu tau kan, ini kan gaya kamu subur kalo dalam agama Islam, salat itu sehari lima kali. Nah, kalo lagi hari-hari biasa, yang namanya musholla atau masjid itu paling ya sepi-sepi aja tiap salat berjamaah, paling banyak dua shaf (baris)-lah. Tapi, kalo lagi bulan puasa, hampir dipastikan jumlah jamaah yang ikut salat akan bertambah minimal dua kali lipat dibanding hari-hari bisa. Apalagi kalo salat subuh, jamaah bisa membludak, abis sahur pada berbondong-bondong ke masjid atau musholla. Padahal kalo lagi hari-hari biasa, paling juga isinya cuma yang adzan doang, itu juga udah merangkap sekalian jadi imam, sekaligus jadi makmumnya juga. Miris.

Itu dia 5 perubahan yang terjadi cuma di bulan puasa doang. Menurut kamu ada lagi nggak? Boleh kok nambahin di kolom comments.









sumber :http://nyunyu.com/
images : google

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget