Wednesday, 21 August 2013

BLWK #1.Kaskus

Oke kali ini saya bakalan jalan-jalan ke komunitas maya terbesar se-indonesia, kaskus.Bagi kalian yang belum tau kaskus, ini sedikit penjelasannya yang saya ambil dari Sini.

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 Nov 99  oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
Menurut Alexa.com, pada bulan maret 2013 Kaskus berada di peringkat 333 dunia dan menduduki peringkat 8 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012 Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com

Oke itu tadi penjelasan dari Kaskus, sekarang saya bakalan ngebongkar-bongkar isi dari si Kasak Kusuk ini.


1.Sebelum masuk Kaskus ada sebuah kotak login dipojok kanan, tapi kita juga bisa masuk kedalam kaskus tanpa harus mempunyai ID Kaskus.Tapi menurut saya sih lebih nyaman ngaskus kalo kita punya ID-nya.Alasannya, nanti akan saya bahas.


2.Nah ini tampilan setelah login.Di sini kita bisa memanage akun Kaskus kita, tau siapa yang mengirim pesan kepada kita, dan juga menuliskan biodata kita.

3.Di dalam Kaskus ada yang namanya Hot Threads, dimana kita bisa tau apa-apa aja yang rame dibahas didalam Kaskus, dan Hot Thread ini sendiri akan di update secara berkala


4.Di dalam Kaskus ada pilihan beberapa forum yang bisa kita pilih sesuai kesukaan dan hobi kita masing-masing.Nah di Sub Forum ini ada macam-macam forum, dari forum musik, fashion, masakan, gadget, game, bahkan supranatural pun ada lo !.

5.The Lounge, adalah salah satu forum terpopuler di Kaskus.Di Lounge ini banyak banget info-info menarik yang dibuat oleh Kaskuser (sebutan para orang yang main Kaskus).Dan juga Hot Thread seringkali berasal dari forum ini.

 6.Ini tampilan dari menu thread di Kaskus.Ada judul, jumlah viewer(orang yang melihat thread tsb), dan jumlah komentar.

7.Ini adalah salah satu thread di Kaskus.Nah di dalam Kaskus, para Kaskuser berlomba-lomba membuat thread agar mendapatkan apresiasi.Apresiasi didalam Kaskus berupa Cendol, Bata, dan Rate Bintang.Apabila thread tersebut isinya bagus, menghibur, dan berbobot, maka cendol yang akan didapa oleh si pembuat thread.Tapi, sebaliknya, apabila isi thread tersebut mengandung sara, porno, dan menyudutkan golongan tertentu, para Kaskuser tidak segan-segan memberikan bata kepada pembuat thread.Rate bintang 5 sendiri gunanya agar thread tersebut menjadi Hot Thread, semakin banyak rating akan semakin dekat dengan Hot Thread.


8.Ini adalah kolom komentar.Inilah enaknya jika kita memiliki ID Kaskus, kita bisa komen thread-thread di Kaskus, dan dapat berinteraksi dengan para Kaskuser lain.

9.Di Kaskus juga memiliki emotic, jadi kita bisa berkreasi dengan emotic-emotic tersebut.

10.Di Kaskus dikenal juga dengan pangkat.Pangkat-pangkat dalam Kaskus itu ada newbie, kaskusser, aktivis kaskus, kaskus holic, kaskus addict, kaskus maniac, kaskus geek, kaskus freak, dan made in kaskus.Dan ada juga pangkat khusus yaitu kaskus donatur.

Oke itu tadi hasil jalan-jalan saya di forum komunitas dunia maya no.1 Indonesia, Kaskus.Semoga blogwalking saya kali memberi referensi bagi kalian yang lagi internetan tapi bingung pengen buka apa.Dari pada buka yang enggak-enggak mendingan buka yang pasti ada ilmunya.


                                                                                                                                                                       Sekian.




No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget